Friday, March 20, 2015

ILMU BUDAYA DASAR

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR(IBD)
A.Tujuan Ilmu Budaya Dasar 

   Merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.ilmu budaya dasar  salah satu usaha mengembangkan kepribadian dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemarnpuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.  
   Mengusahakan penajaman kepekaan seseorang terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan , terutama untuk kepentingan budaya dan bersama.
  Sebagai salah satu ilmu yang bertujuan merubah sikap seorang individu untuk lebih mencintai budaya nya dan bisa menerapkan nya sehingga budaya tersebut tidak hilang dan dapat terus di kembangkan.
   

B.Masalah Budaya
   Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.
   Masalah budaya adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.

Masalah budaya muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. 

Yang dapat menjadi sumber masalah budaya sebagai berikut:
1.Adanya perbedaan pendapat
2.Terjadinya perkelahian
3.Konflik antar budaya
4.Konflik Agama  
5.Ketidak sesuaian unsur-unsur  
6.dan lain lain

C.Masalah Kemanusiaan
   Kemanusiaan yaitu perasaan yang dimiliki setiap manusia untuk mencegah kita dari perbuatan yang jahat atau menentang dari ajaran agama dan perasaan untuk saling tolong menolong sebagai manusia
yang berasal dari hati nurani seorang manusia tanpa mengharapkan imbalan.

   Masalah kemanusiaan berasal dari sikap malas atau perbuatan jahat yang menentang agama dan hukum yang di lakukan oleh seseorang atau lebih manusia untuk kepentingan diri nya sendiri atau terpaksa di lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sebagai berikut contoh masalah kemanusiaan :
a. Kemiskinan
Kemiskinan merupakan salah satu masalah kemanusiaan yang tidak pernah ada habisnya. Angka kemiskinan yang selalu meningkat berdampak kepada kecemburuan sosial yang dialami dalam masyarakat kita sehingga hal ini mengakibatkan adanya jurang pemisah antara si miskin dengan si kaya.
* Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Adanya pemberian subsidi yang tepat bagi masyarakata dengan jalan menciptakan lapangan pekerjaan untuk sehingga mereka pun juga bisa menjadi manusia yang produkif yang dapat menghasilkan sesuatu sehingga tingkat kemiskinan dari pengangguran pun dapat berkurang.


b. Korupsi
Korupsi sudah bukan merupakan suatu hal yang dianggap tabu oleh masyarakat karena korupsi secara terang-terangan sering terjadi di negara kita.
Mengapa korupsi susah untuk dibrantas ?
Karena baik para birokrat maupun masyarakatnya sendiri sudah terbiasa melakukan hal tersebut dan bahkan sudah menjadi kebudayaan yang negatif.
• Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Adanya penuntasan korupsi sampai ke akar-akarnya. Dan pemberian sanksi hukum yang tegas tanpa melihat apakah dia orang penting atau tidak, kaya atau miskin dan sebagainya. Mungkin hal ini dapat meminimalisir angka korupsi di Indonesia.


c. Kebijakan Konversi Minyak Tanah Ke Gas Elpiji
Kelangkaan minyak tanah yang terjadi beberapa waktu yang lalu mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan ini. Hal ini dilakukan agar masyarakat sekitar tidak mengalami kesulitan dalam menemukan bahan bakar untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Tetapai kebijakan ini juga mengalami hambatan seperti minimnya pengetahuan masyarakat mengenai cara pemakaian gas dan lain sebagainya.
* Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Pemerintah harus memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat mengenai cara pemakaian gas agar masyarakat tidak bingung untuk menggunakannya serta dapat proaktif terhadap usaha pemerintah untuk mengkonversikan Gas Elpiji.
Dan juga pemberian gas harus diperhatikjan agar tidak salah sasaran.

  

No comments:

Post a Comment